MISI KECAMATAN SIEMPAT RUBE

  1. 1.    Mewujudkan Pemerintahan yang Profesional, Bersih dan Kreatif

Sumber daya manusia di lingkungan pemerintahan merupakan faktor penentu terciptanya pemerintahan yang profesional, bersih dan kreatif. Pemerintahan yang profesional, bersih dan kreatif akan menciptakan lingkungan yang mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

2.    Meningkatkan Dukungan dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan

Dukungan dan partisipasi masyarakat menjadi faktor kunci dalam keberhasilan program kerja Pemerintah Kecamatan Siempat Rube. Hal tersebut dapat terwujud apabila masyarakat telah memiliki trust (kepercayaan) terhadap pemerintah. Oleh karena itu, kebijakan dan program pemerintah akan diupayakan lebih transparan, mengakomodasi aspirasi yang berkembang dan memberikan ruang partisipasi luas bagi masyarakat.

3.    Meningkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Keterlibatan perempuan dalam setiap proses pembangunan memberi efek yang besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan peran perempuan dan kelembagaan perempuan sebagai salah satu tulang punggung perekonomian dan moralitas keluarga dalam masyarakat. Oleh karena itu, peningkatan peran perempuan juga menjadi salah satu kunci keberhasilan pembangunan.

4.    Meningkatkan Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi dan Sinergi dengan Instansi Terkait dalam rangka Pemberdayaan Masarakat

Upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat bersifat kompleks dan harus dijalankan secara terpadu. Jika program-program pembangunan yang dilakukan oleh Kabupeten melalui SKPD berjalan sendiri-sendiri, maka akan sangat sulit untuk berhasil dan sangat mungkin akan terjadi tumpang tindih dan ketimpangan. Untuk itu kedepan akan diupayakan untuk meningkatkan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergi dengan instansi-instansi terkait.

5.    Meningkatkan Etos Kerja Masyarakat

Masyarakat bukan lagi hanya menjadi objek tetapi lebih dari itu masyarakat merupakan subjek atau pelaku dalam. Pembangunan yang ideal adalah pembangunan yang partisipatif yang mengedepankan partisipasi masyarakat dalam setiap prosesnya. Untuk itu, peningkatan partisipasi masyarakat harus dibarengi dengan upaya perubahan pola pikir dalam hal cara dan kebiasaan dalam bekerja yang produktif, efektif dan efisien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s